Sejarah Munculnya WordPress

Sejarah Munculnya WordPressKita perlu tahu tentang sejarah wordpress atau sejarah munculnya wordpress.  Pada artikel sebelumnya yaitu artikel “Mengenal Apa Itu WordPress” kita telah sedikit menyinggung sejarah kemunculan dari platform pembuatan website dan blog yang saat ini begitu populer dan diminati oleh Web Developer ini. Pada artikel atau postingan kali ini kita akan lebih jauh membahas tentang sejarah wordpress dan pengaruhnya dalam sejarah pembuatan website dan blog serta internet marketing.

Mempelajari sejarah dari kemunculan sebuah produk atau karya kayaknya sangat diperlukan. Dari belajar sejarah, kita akan menemukan banyak inspirasi dan penyemangat. Denga melihat sejarah kita akan tahu dan sadar bahwa sesuatu yang besar biasanya dimulai dari seuatu yang kecil. Jadi kita tetap harus semangat dalam berkarya walaupun saat ini karya kita terbilang kecil atau dipandang kecil oleh orang lain.

Dengan kita terus berkarya dan tidak berhenti menciptakan inovasi-inovasi kecil maka tidak menutup kemungkina karya kita akan menjadi sebuah karya yang besar dan dibutuhkan banyak orang atau bahkan bisa merubah kehidupan banyak orang. Kita lihat FaceBook yang begitu mempengaruhi peradapan manusia saat ini sebelumnya juga dimulai dari karya kecil.

Ayolah kawan…teruslah berkarya. Teruslah kita berusaha ikut andil dalam mengukir sejarah dalam peradaban manusia.

Oke sobat…! Kita kembali kepada topik pembahasan…

WordPress adalah salah satu platform dalam pembuatan website dan blog. WordPress begitu cepat dalam berinovasi dan membuat perubahan-perubahan.

Mengenal Matt Mullenweg, Sang Pelopor Berdirinya WordPress

Matt Mullenweg, begitu ia biasa disapa. Pemilik nama lengkap Matthew Charles Mullenweg tersebut adalah sosok di balik platform yang belum lama ini dikabarkan menguasai seperempat pasar web di dunia: WordPress.

Pria yang dilahirkan dan dibesarkan di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS) pada 11 Januari 1984 lalu ini punya satu kesamaan dengan pendiri raksasa teknologi Microsoft, Bill Gates: drop out. Ia drop out dari jurusan Ilmu Politik University of Houston pada 2004.

Uniknya, Matt sebenarnya tidak mempunyai latar belakang IT yang sangat kuat. Di kota kelahirannya, dulu ia tercatat sebagai siswa sekolah tinggi (setara SMA) dengan spesialisasi pertunjukan dan seni visual dan mempelajari alat musik saxofon dengan genre jazz.

Makanya tidak mengherankan, jika kita menggunakan WordPress premium, kita dapat menemukan alasan mengapa versi pembaruan WordPress menggunakan kode nama musikus jazz. Sebagai contoh, Miles Davis merupakan kode nama untuk WordPress 1.0 dan Billie Holiday kode nama untuk WordPress 4.3– Miles Davis dan Billie Holiday adalah musikus jazz.

Sejarah Matt dan Kemunculan WordPress

Kelanjutan artikel ini hanya bisa dibaca oleh Member, silahkan login disini dulu atau Registrasi di sini

Sejarah kemunculan WordPress bermula saat Matt berusia 18 tahun (tahun 2002). Ketika itu, Matt baru mulai menggunakan fasilitas blog b2cafelog. Ia menggunakan blog b2 (bbpress.org) untuk mempublikasi foto-fotonya selama perjalanan ke Washington D.C. Namun, beberapa bulan kemudian, blog bbpress tempat Matt mempublikasi fotonya berhenti dalam mengembangkan software-nya. Karena kondisi seperti itu, muncullah pemikiran kreatif dari Matt. Pada Januari 2003, Matt Mullenweg mengumumkan melalui blog-nya bahwa dia akan mengembangkan blog b2 sehingga sesuai dengan standar web saat itu.

Dengan inisiatif sendiri, Matt bersama Mike Little mulai memgembangkan coding WordPress berbasis b2. Kemudian, Mike dan Matt bersama Michel Valdrighi (mantan pengembang b2), mulai aktif mengembangkan WordPress hingga lahirlah WordPress yang Anda kenal saat ini. Pada 27 Mei 2003, WordPress versi 0.70 dirilis. Versi 0.7 ini masih mengandung struktur file yang sama dengan pendahulunya, b2cafelog.

Di usia 19 tahun (Maret 2003), Matt bersama rekannya mendirikan GMPG dengan format yang lebih kompleks dari HTML. Setahun kemudian, WordPress meluncurkan fasilitas Ping-O-Matic yang berguna untuk mengirim ping notifikasi kepada search engine blog seperti Technorati. Dan saat ini, Ping-O-Matic telah melayani lebih 1 juta ping tiap harinya.

Sebagai mesin pembuat website, platform wordpress berhasil menarik simpati banyak pengembang dan pengguna. Bahkan saat ini hampir 30% website yang ada di internet dibuat menggunkan platform wordpress dalam pembuatannya. Jadi bagi Anda yang tertarik untuk belajar cara membuat website ada baiknya untuk lebih mengenal wordpress atau apa itu wordpress ?.

Dan kami melalui jagowordpress.com akan mengajarkan kepada Anda bagaimana membuat website dan blog menggunakan wordpress. Silahkan Anda bergabung dengan kami dan bersiap-siaplah untuk jadi jagoan wordpress dalam membuat website dan blog. Kami tunggu di member area ya…